10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

  • October 26, 2020

10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

Aji Kuliner – Jajanan pasar Indonesia masih eksis sampai sekarang dan ditemukan dari pasar tradisional. Bukan cuma nama jajanannya saja yang beragam, tapi dari rasa gurih hingga manis juga bisa ditemukan dalam satu pasar. Apalagi makanannya bukan cuma dinikmati masyarakat dulu doang melainkan masyarakat Gen Z juga sempat menikmati karena jajanannya masih eksis.

Meski banyak jenis makanan modern berdatangan namun jajanan pasar Indonesia tidak pernah tergantikan. Malahan masih banyak lho yang memesan jajanan pasar dalam jumlah banyak untuk acara penting seperti ulang tahun, peresmian bangunan, atau kegiatan penting yang lain. Sehingga tidak heran jika kalangan apapun masih bisa mengkonsumsi jajanan pasar ini.

Biarpun saya perkenalkan 10 Jajanan Pasar Indonesia yang masih eksis sampai sekarang.

1. Lemper

10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

Makanan tradisional dengan bahan utama ketan yang berisi daging, abon, atau ayam ini dibungkus dengan daun pisang yang kemudian dibakar. Tentu saja lemper sering sekali anda jumpai pada pernikahan masyarakat tanah Jawa atau acara pemberkatan rumah. Sampai sekarang ini Lemper kerap kita jumpai melalui pasar tradisional dengan harga sekitar 4.000an.

2. Onde-onde

10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

Jajanan pasar yang tidak kalah legendaris adalah Onde-onde. Kue dengan bentuk bulat dan isinya kacang ijo ini mudah ditemukan pada pasar tradisional atau gerobak pinggir jalan. Bahkan varian onde-onde ditemui dengan bentuk besar atau kecil yang isinya mulai variasi, karena anda bisa menemukan kue onde dengan isi kacang tanah yang digiling halus.

3. Klepon

10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

Nah, kalau kue klepon sih sampai sekarang masih gampang banget ditemui. Malahan beberapa chef profesional mengubahnya menjadi sebuah kue bernilai mahal yang bisa dinikmati dengan tekstur berbeda tanpa mengubah rasa aslinya. Selain itu, klepon biasanya berwarna hijau yang isinya gula merah. Hati-hati yah kalau makan kue satu ini karena bisa-bisa baju anda kotor kena gula merah yang muncrat tersebut. Tapi tetap saja rasanya enak banget lho, kenyal dan manis!

4. Dadar Gulung

10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

Unti atau sebutan untuk kelapa gula merah yang sudah dimasak ini akan digulung dengan kue yang hampir sama seperti pancake. Namun bedanya dadar gulung ini memiliki adonan yang lebih tipis dan isinya pun mulai beragam, entah kelapa parut atau fla susu seperti yang lagi viral.

5. Kue Cucur

10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

Siapa yang tidak kenal jajanan pasar legendaris dengan bahan dasar gula merah. Dimana kue tersebut masih dijual dengan harga murah kurang dari 5000 rupiah anda sudah bisa kenyang. Pastinya kue cucur akan mengingatkan anda pada jajanan semasa kecil yang sering dijual keliling atau bisa ditemukan pada tukang sayur gembolan.

6. Lopis

10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

Makanan khas tradisional Indonesia dengan bahan dasar ketan ini dimasak dan dibentuk segitiga. Lopis juga dinikmati dengan toping gula merah cair dan parutan kelapa yang pastinya bikin kue anda jadi lebih gurih. Bahkan Lopis jadi salah satu makanan populer saat ini.

7. Bugis Ketan

10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

Kue Bugis Ketan adalah salah satu jenis kue basah tradisional yang masih eksis di pasar-pasar. Kue dengan bahan dasar ketan ini dibalut dengan daun pisang ketika memasaknya. Sensasi gigitan pertama dari jajanan pasar ini kenyal, manis, gurih, dan pastinya harum karena masih dibungkus pakai daun dan bukan plastik seperti kebanyakan jajanan kekinian lainnya.

8. Serabi

10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

Salah satu jajanan pasar tradisional yang seringkali ditemui adalah serabi. Biasanya anda bisa temukan serabi ini di pasar lama Tangerang ataupun pasar tradisional lainnya. Serabi bisa dinikmati pakai kinca duren atau gula merah biasa dalam rasa originalnya. Malah beberapa orang menjualnya dengan varian toping keju, coklat, oncom, dan toping yang lainnya.

9. Putu Bambu

10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

Pernah dengar malam-malam ada abang putu bambu lewat? Suara khas dari gerobaknya seperti bunyi siul bisa membuat perut jadi lapar tiba-tiba. Apalagi rasa dari putu bambu yang lembut, ringan, dan manis mampu mengisi waktu malam anda dengan lebih manis. Keunikan dari kue putu ini yaitu cara pembuatannya yang menggunakan bambu asli.

10. Kue Lumpur

10 Jajanan Pasar Indonesia Masih Eksis Sampai Sekarang

Tidak seperti namanya, kue lumpur ini tidak terbuat dari lumpur. Kue lumpur sendiri terbuat dari komposisi bahan santan, tepung terigu, kentang, telur, vanila, dan kismis bikin penikmatnya banyak yang ketagihan. Rasanya yang lembut dan manis menjadi salah satu jajanan yang akan dipakai pada beberapa acara kekeluargaan ataupun acara lainnya.

Bukan cuma jajanan pasar Indonesia saja yang masih gampang ditemukan sekarang. Namun berdampak juga pada permainan uang lain yang sekarang malah berkembang dalam bentuk online. Sehingga anda tidak perlu susah lagi ketika ingin mencari permainan untuk menghibur diri sendiri. Bahkan anda juga bisa menemukan jajanan pasar dari e-commerce dengan mudah.

Semoga Bermanfaat!

Makanan Pedas Indonesia Paling Menyiksa, Berani Coba?

Makanan Pedas Indonesia Paling Menyiksa, Berani Coba?

  • October 17, 2020

Makanan Pedas Indonesia Paling Menyiksa, Berani Coba?

Aji Kuliner – Indonesia. Yah, negara yang terkenal akan makanan pedasnya yang bikin kamu terengah-engah kalau memakannya. Tapi meski begitu tidak sedikit orang yang terus mencari makanan pedas supaya menambah nafsu makan. Makanya banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak bisa makan kalau tidak ada sambal atau makanan yang pedas lainnya.

Bahkan makanan pedas sendiri jadi salah satu jenis makanan Indonesia yang paling ikonik. Sehingga dari manapun asal negaranya pasti kalau ke Indonesia belum lengkap kalau tidak coba sambalnya. Selain itu menyantap makanan pedas bukan cuma bikin nafsu makan meningkat saja, melainkan bikin orang yang memakannya jadi segar dan sampai berkeringat.

Nah, inilah makanan pedas Indonesia paling menyiksa yang patut kamu coba, cekidot!

Nasi Goreng Mafia

Makanan Pedas Indonesia Paling Menyiksa, Berani Coba?

Jika mendengar kata mafia apa yang terbesit dalam pikiran anda? Kalau saya sih tentu saja makanan pedas yang namanya unik. Sebuah hidangan nasi goreng yang dapat kamu temukan di Kota Bandung. Sudah pasti kalau kamu menyukai santapan yang satu ini bisa melipir dan mampir menikmati nasi goreng mafia ini. Dijamin lidah kamu akan dimanjakan dan tidak akan dikecewakan dengan rasa dari hidangan yang pedasnya menyiksa dan enak ini. Buat kamu yang hobi makan makanan pedas bisa memilih level masakannya, jadi tantang diri kamu dengan nasi goreng yang levelnya paling tinggi ini.

Oseng Mercon

Makanan Pedas Indonesia Paling Menyiksa, Berani Coba?

Pecinta pedas juga bisa banget mencoba hidangan oseng mercon yang satu ini. Sensasi terbakar di lidah bikin kamu jadi makin berselera makan saking pedasnya. Biasanya oseng mercon ini terdiri dari potongan daging sapi yang diiris kecil-kecil dengan bumbu pedas yang jadi ciri khas dari makanan oseng mercon ini.

Ayam Geprek

Makanan Pedas Indonesia Paling Menyiksa, Berani Coba?

Inilah salah satu makanan viral yang disukai semua masyarakat Indonesia, apalagi kalau bukan ayam geprek. Makanan sejuta umat ini berhasil bikin penikmatnya kepedasan tanpa ingin berhenti memakannya. Serunya lagi kamu bisa pilih level kepedasan yang sesuai dengan lidah kamu. Jangan terlalu pilih level tinggi yah kalau kamu masih belajar makan pedas.

Seblak Jeletet

Makanan Pedas Indonesia Paling Menyiksa, Berani Coba?

Seblak. Makanan pedas yang identik dengan kerupuk basah ini dihidangkan dengan kuah pedas yang terkenal dengan bumbu ciri khasnya yaitu kencur. Enaknya lagi seblak jeletet ini bisa kamu nikmati dengan berbagai macam toping seperti dumpling keju, telur, ceker, makaroni, kikil, tulang, fish ball, sayap ayam, kwetiau, mie, dan jenis toping lain yang bikin kamu makin selera menyantapnya. Uniknya lagi level 0 – 5 dalam hidangan ini ditentukan pakai takaran centong sayur, jadi pasti rasanya pedas banget dan harus disantap setelah perutnya sudah terisi. Intinya jangan pernah memakan hidangan ini dengan kondisi perut kosong yah.

Ayam Bakar Taliwang

Makanan Pedas Indonesia Paling Menyiksa, Berani Coba?

Kalau biasanya ayam bakar identik dengan rasanya yang manis dan gurih, tapi beda dengan ayam bakar taliwang yang satu ini. Karena kamu akan disuguhkan dengan makanan pedas gurih yang terdiri dari level terpedas. Pastinya kalau kamu makan makanan ini pasti langsung keringatan dan makin melek sewaktu mengantuk. Tentunya makanan ayam taliwang ini cocok banget buat kamu yang suka hidangan dengan cita rasa otentik yang pedas manis gurih.

Itulah beberapa daftar makanan pedas Indonesia paling menyiksa yang bikin seluruh tubuh kamu dipenuhi keringat. Biarpun makanan pedas di Indonesia sangat banyak, tapi kamu akan disuguhkan makanan yang harganya cukup mahal apalagi kalau harga cabai lagi naik. Nah, supaya bisa tetap makan makanan pedas yang cita rasanya enak mending kamu cari duit jajan dulu dari situs online yang menghasilkan banyak kemenangan uang asli untuk kamu semua.

Yuk langsung dapatkan uangnya dan coba makanan pedasnya!

Pecinta Drakor Wajib Tahu 5 Makanan Itaewon Class Ini!

Pecinta Drakor Wajib Tahu 5 Makanan Itaewon Class Ini!

  • October 9, 2020

Pecinta Drakor Wajib Tahu 5 Makanan Itaewon Class Ini!

Aji Kuliner – Belakangan ini, Drama Korea jadi sorotan masyarakat luas. Dari mulai yang anak-anak sampai para orang tua kompak menonton serial tersebut bersama keluarganya. Malah tak jarang beberapa pecinta drakor tersebut rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk menghabiskan serial kesukaan mereka. Semuanya mendadak histeris saat menyaksikan akting idolanya!!

Salah satu yang banyak mencuri perhatian adalah Itaewon Class. Sebuah serial drama Korea yang dirilis tahun 2020 dan dibintangi para aktor berbakat seperti Park Seo-joon, Kim Da-mi, Yoo Jae-myung, dan Kwon Nara pastinya sangat populer. Sebagai drakor yang orientasinya bisnis kuliner inilah sajian makanannya bikin perut penontonnya jadi pada lapar.

Saking melejitnya drama ini di pasaran, para pecinta drakor satu ini banyak juga yang akhirnya membuat bisnis kuliner bertemakan ‘Makanan Itaewon Class’. Jelas saja siapapun yang menjual makanan instan tersebut langsung diserbu fans fanatiknya. Jangankan kamu, saya aja yang baru menonton langsung ngiler ketika melihat adegan makan para aktor handal tersebut.

Penasaran?? Langsung aja cek makanan apa saja yang bisa bikin kamu jadi ngiler, cekidot!

Daftar Makanan Itaewon Class Yang Bikin Kamu Ngiler!

1. Haemul Bokkeumbap, Nasi Goreng Ala Korea

Pecinta Drakor Wajib Tahu 5 Makanan Itaewon Class Ini!

Mungkin bagi kamu makan nasi goreng di abang-abang sudah biasa bukan? Tapi bagi pecinta drakor Itaewon Class menu Haemul Bokkeumbap jadi santapan yang paling menggoda selera. Dan tentu saja menu satu ini cocok sekali buat lidahnya orang Indonesia, bahkan kamu bisa buat sendiri lho dari rumah. Tentu saja menu Haemul Bokkeumbap pertama kali diperlihatkan ketika Park Seo Joon menyajikan untuk ayah tercintanya. Dengan bahan yang sederhana seperti nasi putih, kimchi, daging, telur, bawang, daun bawang, garam, lada, dan minyak wijen tetap membuat makanan ini terasa istimewa.

2. Kongnamul, Sayur Tauge Korea Jadi Viral

Pecinta Drakor Wajib Tahu 5 Makanan Itaewon Class Ini!

Nah, kalau Kongnamul ini adalah salah satu sajian fenomenal yang paling gampang diingat. Soalnya bahan utamanya mudah ditemukan dari negara Indonesia dan biasa ditemui pada warteg yang dekat rumah anda, yaitu Tauge. Tentu saja untuk membuat sajian yang satu ini anda hanya butuh Tauge dan air matang saja untuk merebusnya. Sehingga anda tidak butuh waktu lama lagi untuk menyantapnya. Mudah sekali bukan untuk dicoba?

3. Sundubu Jjigae, Hot Pot Seafood Spesial

Pecinta Drakor Wajib Tahu 5 Makanan Itaewon Class Ini!

Santapan Sundubu Jjigae sangat cocok dimainkan dikala musim hujan seperti ini. Coba saja bayangkan ketika hujan-hujan lalu kamu dihidangkan menu Sundubu Jjigae yang berupa Hot Pot Seafood spesial. Tentu saja Sundubu Jjigae ini menjadi salah satu makanan yang paling menggoda karena kuah merah pedas yang disajikan dalam mangkuk panas. Nah, kalau kamu pernah nonton Itaewon Class pastinya kamu tau menu Sundubu Jjigae disajikan waktu kapan.

4. Kimchi Jjigae, Sup Pedas Asam Bikin Melek

Pecinta Drakor Wajib Tahu 5 Makanan Itaewon Class Ini!

Wah kalau Kimchi sih pasti sudah pada tahu banget nih. Soalnya menu pendamping ini selalu disajikan kalau kamu lagi makan di restoran korea. Hanya saja bedanya Kimchi Jjigae ini dijadikan dengan kuah panas yang rasanya asam pedas dan akhirnya bikin merem melek saking enaknya. Kalau kamu penasaran, kamu juga bisa kok coba masak dari rumah, tinggal siapkan potongan daging sapi dan tahu sutra yang super lembut.

5. Doenjang Jjigae, Masakan Otentik Negeri Ginseng

Pecinta Drakor Wajib Tahu 5 Makanan Itaewon Class Ini!

Doenjang Jjigae adalah masakan paling otentik dari negeri Ginseng, Korea. Soalnya untuk membuat hidangan yang satu ini kamu harus menggunakan pasta kedelai yang ditambah dengan topping lobak dan timun. Hanya saja takutnya menu satu ini kurang bisa diterima oleh masyarakat Indonesia karena masih asing dengan rasa pasta kedelai tersebut. Tapi jangan salahkan saya kalau ketika kamu mencicipi menu satu ini maka kamu akan ketagihan yah.

Penasaran dengan rasanya? Tenang aja yah! Soalnya sekarang sudah banyak sekali entrepreneur muda yang menjual sajian tersebut. Tapi kalau harganya terasa mahal, kamu juga bisa kok bikin sendiri dari rumah karena bahan yang dibutuhkan mudah dan simpel. Bahkan bahannya sudah bisa kamu temukan dari online shop yang menjual bahan makanan Korea lho!

Itulah 5 Makanan Itaewon Class yang wajib dicoba pecinta Drama Korea. Serunya lagi sambil makan makanan tersebut kamu bisa selingi sambil memainkan permainan online viral. Apalagi permainan laris manis itu hanya butuh modal kecil namun mendatangkan keuntungan besar. Jadi tunggu apalagi? Yuk manfaatkan waktu self quarantine kamu dengan kegiatan seru ini.

Sampai jumpa pada topik artikel berikutnya sobat!!