Manfaat Kuliner Yang Jarang Diketahui

Manfaat Kuliner Yang Jarang Diketahui

  • January 30, 2020

Manfaat Kuliner Yang Jarang Diketahui

Aji KulinerBenar saja manfaat kuliner memang ada bermacam rupa. Selain jadi asupan pokok untuk tubuh ternyata ada manfaat lebih dibaliknya. Makanya sangat mudah untuk anda temui berbagai berita terkait dunia kuliner. Apalagi cita rasa yang tinggi tentu mendorong penikmat kuliner semakin besar. 

Lebih dari sekedar cita rasa lho, karena ada banyak sisi positif dari makanan. Menggeluti bidang kuliner juga ada banyak keuntungan yang jarang orang ketahui. Mari simak langsung dibalik tabir si penggoyang lidah yuk. Simak manfaat kuliner selengkapnya hanya di artikel di bawah ini ya!

Kuliner Berdampak Baik Dalam Segala Hal

Manfaat Kuliner Yang Jarang Diketahui

Sebagai asupan wajib bagi makhluk hidup, kuliner disinyalir nggak hanya mengenyangkan perut semata. Tetapi dengan cita rasa yang beragam tentunya juga memanjakan lidah anda. Apalagi bagi sebagian orang cita rasa tinggi adalah syarat pertama bagi mereka untuk berkuliner. 

Karena beragam cita rasa dalam berbagai kudapan itu pula, bikin kuliner punya sejuta manfaat. Meski jarang diketahui, tetapi secara nggak sadar anda sudah mendapat manfaat itu sendiri lho. Sebut saja manfaat langsung dari berwisata kuliner. Dengan menjajal ragam hidangan dari berbagai daerah tentu anda bisa memperoleh kualitas perasa baru. Studi juga menyebutkan kalau orang yang sering melakukan perjalanan kuliner akan memiliki indera perasa yang lebih berkualitas. 

Bahagia Berawal dari Perut 

Manfaat Kuliner Yang Jarang Diketahui

Manfaat langsung dari indera perasa anda yang lebih berkualitas sangat banyak lho. Anda bisa lebih mudah merasa terpuaskan oleh kudapan yang dimakan. Hasilnya sudah pasti dengan kepuasan berkuliner bikin hati senang. Menurut para ahli, salah satu tolak ukur kebahagiaan juga berasal dari perut. Jika seseorang dengan perut kenyang dan terpuaskan oleh kuliner yang ia konsumsi, maka cenderung akan lebih bahagia. 

Oleh sebab itu ada istilah “terapi kuliner” yang mana ditujukan untuk orang dengan keadaan psikis buruk, dengan tujuan sebagai berikut : 

  • Berwisata kuliner meningkatkan nafsu makan, seseorang dengan kondisi psikis buruk rentan makan dengan benar
  • Kudapan dengan cita rasa manis dapat meningkatkan mood 
  • Pergi menjajal kuliner di berbagai tempat dapat meningkatkan kualitas hidup 
  • Dengan wisata kuliner dapat mengenal berbagai budaya dan cerita 

Bahan Pangan Penunjang Kualitas Hidup

Manfaat Kuliner Yang Jarang Diketahui

Saking vitalnya peran kuliner dalam kehidupan, orang zaman dulu pun sudah mewanti-wanti untuk pilih kudapan yang benar. Seorang Hippocrates pernah berkata, “biarkan makananmu jadi obat, dan obat jadi makananmu”. Maksudnya bukan kita disuruh makan obat-obatan lho ya. Tetapi pada dasarnya bahan pangan adalah penunjang kualitas hidup. Maka dari itu anda perlu perhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Memilih kuliner sesuai asupan yang berguna bagi tubuh bukan berarti pilih-pilih makanan. Justru dengan begitu anda lebih menghargai tubuh anda dengan pilih makanan sesuai kebutuhan anda. Nah ada 3 bahan makanan yang ternyata punya manfaat besar bagi tubuh lho. Bahan-bahan ini juga dengan mudah anda temukan lho, diantaranya seperti di bawah ini. 

  • Susu – Kandungan protein dalam susu ternyata dapat meningkatkan hormon serotonin dalam otak lho. Serotonin sendiri hormon yang berperan langsung dalam pengatur kebahagiaan seseorang. 
  • Yogurt – Kuliner dari olahan susu ini juga terbukti meningkatkan kekebalan tubuh dengan kandungan probiotik alaminya.
  • Jamur – Makanan yang mudah diolah jadi kuliner lezat ini dapat menghalau depresi plus osteoporosis dengan kalium dan vit.D didalamnya.

Awali Hari Dengan Bersantap 

Manfaat Kuliner Yang Jarang Diketahui

Manfaat dari olahan kuliner memang sangat baik bagi kesehatan. Tetapi kalau anda konsumsi dengan jam yang nggak teratur juga sia-sia. Pasalnya ada jam tersendiri lho menikmati kuliner bagi tubuh. Idealnya bersantap normal dilakukan 3x sehari. Waktu yang pas untuk berkuliner ialah di bawah jam 10 pagi, jam 1-2 siang serta di bawah jam 7 malam. 

Mengawali hari dengan bersantap juga sangat penting. Pasalnya kondisi perut di pagi hari sangat menentukan mood anda seharian. Makanya budaya bersantap sarapan sangat bermanfaat. Berikut kira-kira ragam manfaat dengan santap kuliner di pagi hari.

  • Sebagai sumber energi dalam beraktivitas
  • Pengontrol kondisi mood 
  • Meningkatkan koordinasi tubuh dan konsentrasi otak
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh 
  • Melancarkan metabolisme 

Diluar kegunaannya makan adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ternyata banyak sekali kelebihan kuliner yang ternyata bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Sekian pembahasan mengenai manfaat kuliner yang sebenarnya sangat banyak sekali dan wajib Anda ketahui. Sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya.

One Comment

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*